Senin, 25 September 2017

ULASAN DAN TIPS VIRTUAL TOWN || GAME ANDROID VIRTUAL TOWN

I'm back
Setelah mengabaikan dan mengacuhkan blog ini, akhirnya gue berpikir buat kembali ngisi lagi. Well, sebenarnya ga penting-penting amat, tapi menurut gue ini yang ngebuat gua gemes dan akhirnya gregetan buat nulis.
Jadi, awal cerita gua abis ngeformat hp karena saking stress nya apa-apa di hp gue tuh penuh. Setelah ngeformat, tangan gua yang gratilan ga jelas akhirnya ngebuka play store. Ini peristiwa bisa dibilang langka, karena setiap gua ngedownload aplikasi, gua selalu nyari di mbah google mentahannya, cukup simple soalnya biar bisa gua copot pemasangannya dan gua pasang lagi kalau udah butuh.
Dan setelah ngubek-ngubek game yang seru *udah 5 game gua download dan ujung-ujungnya diapus lagi* akhirnya gua menemukan dan kepikiran buat download satu game lama yang pernah gua mainin. The tittle is "VIRTUAL TOWN".
Game jadul tapi menurut gua ya lumayan buat ngisi keisengan. Dan karena kebiasaan gua setiap main game selalu ngeliat review terlebih dahulu, gua akhirnya nyari-nyari review game ini. Dan disinilah ke gregetan gua mulai muncul. Pertama, game ini sedikit banget yang ngereview. Jarang ada ulasan atau artikelnya. Kedua, gua ga paham-paham amat gimana maininnya, apalagi gua sempet ngulang 3x dari awal karena masalah sepele. Yaitu gua ga ngerti cara dapetin rumah.
Dan karena itu semua akhirnya gua mau ngebahas hal ini, disini, sekarang. Oke check it dot com. Kita mulai.

  • Walikota yang kabur. 
Jadi disini cerita awal mulanya kalian bakal disuguhin previewnya dulu, dari mulai sebuah desa yang hidup tentram dan berubah jadi ga karuan karena ditinggal oleh walikotanya, yang gajelas dan ga dikasih tauin kenapa dia kabur. Lalu setelah itu ada orang misterius (yaitu kalian) yang dateng dan diharapkan untuk mengubah kota menjadi semula. Disini kalau kata gua hampir sama kaya harvest moon, macemnya gitu. Dateng buat ngerapihin apa yang berantakan.
Jadi pasti kalian udah punya bayangan kalau disini kalian akan langsung menjadi walikota, dan tugas kalian adalah membuat kota seperti sedia kala.
Dan termometer matahari yang ada di layar itu buat acuan kalian kedepannya. Semakin tinggi tingkat persen yang kalian dapat maka kota yang kalian pimpin semakin bagus.

  • Rumah. 
Ini adalah hal yang paling buat gua gregetan. Sampai gua ngubek-ngubek youtube, google dan segala macem buat nemuin gimana gua bisa dapet rumah. Intinya pertama yang gua tau, kalian harus punya tools terlebih dahulu, dan dalam hal mendapat rumah, tools yang dibutuhkan adalah kapak.
    Kapak yang udah kalian dapet bisa digunakan buat menebang pohon. 1 kapak berlevel paling rendah cuma bisa buat 3x tebang pohon. Dan untuk mendapatkan rumah, kalian harus punya 4 kayu dari tebang pohon.
      Jadi setelah kalian selesai dengan pohon ketiga, dan kapak kalian hancur, kalian bisa membeli lagi di general store, dan beli kapak cukup yang harganya murah saja yaitu 100 coins, dan kalian bisa menebang 1 pohon lagi untuk mendapat 4 kayu untuk rumah.
        Setelah 4 pohon ditebang, kalian pergi ke TOWN HALL. Buat ketemu sekertaris kalian. Nanti disana kayu yang kalian miliki akan otomatis ditukar dengan sertifikat untuk mendapatkan rumah.
          Setelah mendapat sertifikat, kalian bisa memilih tanah mana yang kalian mau bangun rumah. Kalau sudah, maka tekan sertifikat tanah kalian dan tekan tanah tempat rumah kalian akan dibangun. INGAT : Hanya tekan saja, jangan drop sertifikat kalian ke tanah nya karena itu membuat kalian akan gagal membangun rumah. *Seriously karena gua bodoh banget berkali-kali ngetap dan gua drop itu sertifikat ke tanahnya, dan berulang kali juga si mbak sekertaris ngingetin kalau itu sertifikat tidak bisa didrop. *Dan hal ini pula yang ngebuat gua nyari-nyari ulasannya.
            Note : Dan kadang setelah si mbak sekertaris ngasih sertifikat, dia biasanya juga akan memberi task khusus kepada kalian. Untuk menambah uang kalian.
            • Tools. 
            Sebelumnya gua lupa jelasin, setelah awal mula kalian datang, dan kalian dikenalkan oleh si mbak sekertaris, setelahnya kalian diharuskan mencari tools yang pasti kalian butuhkan. Disini ada 5 tools wajib yang perlu kalian cari.
              1. Net/Jaring = Untuk menangkap serangga. Berada di antara botanical garden dan lapangan.
              2. Kapak = Untuk menebang pohon. Berada di dekat pohon yang  disamping botanical garden.
              3. Cangkul/ Sekop = Untuk membuat/menutup lubang. Berada di paling ujung dekat sungai.
              4. Sabit = Untuk membersihkan rumput liar dan ilalang. Berada di antara ilalang belakang Cinema atau sekitar belakang Town Hall.
              5. Beliung = Untuk menghancurkan batu. Berada di dekat batu dekat sungai yang dekat jembatan.
              6. Dan jangan lupa ada tools tambahan yang masih kalian butuhkan.
              7. Penyiram tumbuhan, hanya bisa didapat di general store. Dibeli dengan harga 100 coins untuk level terendah
                          • Money. 
                          Keseluruhan game ini hampir sama seperti yang sebelumnya gua bilang, yaitu Harvest Moon Back to Nature, tapi kalau Harvest Moon BTN masalah duit or money itu bisa gampang kita cheat. Tapi disini kita diajarkan untuk jujur dan mendapatkan hasil dengan kerja keras kita.
                            Money yang kita dapat biasanya berasal dari apa yang kita jual, task yang kita terima, atau koin yang kita temukan.
                              Dan karena diawal kalian disuruh untuk mencari tools wajib, maka 1 tools akan bernilai 500. Jadi untuk total modal awal yang kalian dapat yaitu 2500 coins.
                                Dan untuk tambahan, kalian bisa jual apa yang kalian dapat. Well, kalau disini gua selalu bermodal menjual serangga atau hadiah dari penduduk saat sudah menyelesaikan task.
                                  Serangga, Batu mineral, atau tanaman  yang kalian temukan bisa dijual. Tapi dengan catatan kalian sudah pernah menyumbangkannya ke museum. Karena dengan disumbangkannya serangga, mineral atau tanaman yang kalian dapat maka itu bisa meningkatkan termometer matahari kalian. (Bahkan disini gua saking putus asanya ga ada uang, gua pernah ngejual nyamuk, lalat, sama jangkrik XD)
                                  • Botanical Garden. 
                                  Pertama kali kalian dateng kesini. Botanical garden ini lumayan berantakan. Ada rumput liar, ilalang dan juga tanaman. Maka, tugas pertama kalian menjadi walikota adalah merapihkannya. Ini memang tidak menambahkan koin kalian, tapi ya seengganya sebagai walikota kalian berkewajiban untuk menjadikan kota ini layak untuk ditempati.
                                    Kalian harus mencabut rumput liar dan menebas ilalang yang ada. Dan setiap kalian merapihkan rumput liar dan ilalang, maka termometer matahari kalian akan meningkat. Tapi kalau tanaman, kalian hanya perlu memperindahnya, jangan dicabut karena itu bisa menurunkan termometer matahari kalian. Dan jangan lupa untuk menyiram tanaman kalian, karena jika tidak tanaman tidak akan tumbuh dengan indah.
                                    • Penduduk. 
                                    Jika persen yang ditargetkan sudah mencukupi dan persediaan makanan kalian ada, maka otomatis kota kalian akan mendapat tambahan penduduk. Pertama kalian akan mendapat 3 orang penduduk tetap, dan akan bertambah seiring dengan persen yang kalian dapat.
                                      Peran penduduk juga lumayan penting. Karena kalian akan mendapat task yang membantu kalian mendapatkan barang/coins dari mereka. Jika ada tanda seru kuning di atas kepala mereka, maka sebaiknya kalian menghampiri dan mengajak bicara mereka, cukup gampang, kalian hanya perlu mengklik penduduk itu dan otomatis percakapan terjadi.
                                        Biasanya penduduk yang memberi kalian task adalah meminta kalian untuk mencari batu mineral, atau tanaman, tapi bisa saja hal yang cukup mudah diminta yaitu meminta tools yang kalian punya atau meminta kalian mengirim barang ke penduduk lain.
                                          Jika batu mineral atau tanaman yang diminta kalian harus bersabar untuk mendapatkannya.
                                            Batu mineral biasa ditemukan saat kalian memecah batu yang ada. Batu besar tidak bisa dipecahkan dengan beliung berlevel rendah. Dan batu kuning hanya bisa dipecahkan dengan beliung berwarna silver. Semakin langka batu yang kalian pecahkan maka semakin tinggi pula alat yang harus digunakan, dan semakin langka pula apa yang kalian temukan.
                                            • Termometer matahari. 
                                            Ini adalah tolak ukur kalian dalam menjalankan tugas sebagai walikota. Semakin rapih kota kalian maka semakin tinggi pula termometer matahari menunjukan ke arah tersenyum.
                                              Ilalang, sampah, rumput laut, box kuning kecil, sebaiknya kalian buang. Cukup hanya kalian datang ke tempat yang ada si mereka *perusak lingkungan dan kalian hanya perlu mengklik maka kalian sudah otomatis membuang perusak lingkungan yang ada. Atau sebaiknya jika kalian mempunyai duit lebih kalian bisa mengupgrade kota kalian dengan menambahkan tempat sampah.
                                                Tapi ingat, merapihkan bukan berarti menghilangkan, kalian tidak perlu menebang semua pohon yang ada karena itu justru menurunkan termometer matahari kalian. Dan jika kalian menemukan tanaman, cukup kalian ambil lalu pindahkan ke botanical garden dan isi kembali tanah yang bolong agar tidak menjadi lubang yang merusak pemandangan. Begitu juga jika menemukan galian atau timbunan gitu.
                                                • Makanan. 
                                                • Seperti didunia nyata saja, makanan tetap menjadi prioritas. Negara akan miskin jika kekurangan sumber daya, pun begitu juga dengan kota yang kalian pimpin ini. Di setiap tingkatan di termometer matahari kalian bisa melihat jumlah makanan yang kalian butuhkan. Dan dibawah simbol task ada seperti gambar cadangan makanan, itu bisa kalian lihat untuk memantau berapa sumber makanan yang kalian punya, dan apa saja.
                                                • Task. 
                                                Ini seperti perintah atau suruhan atau lebih baik dikatakan misi. Jadi task ini bisa didapat dari penduduk, atau sekertaris kalian. Seperti yang sudah dibahas di atas, setiap penduduk yang sudah kalian selesaikan tasknya akan memberi kalian hadiah. Dan jika kalian diminta untuk menemukan batu mineral atau tanaman, kalian harus cukup bersabar karena tidak setiap saat batu yang kalian pecahkan akan mengeluarkan barang yang kalian cari.
                                                  Dan kalau sekertaris kalian, dia biasanya akan meminta untuk mencarikan barang yang hilang, ini bisa kalian temukan di timbunan yang bergerombol. Cukup kalian gali lalu otomatis barang akan muncul dan akan dihitung, jika sudah selesai maka kalian akan mendapat koin sesuai yang dijanjikan, dan 5 koin untuk tambahan per setiap timbunan yang kalian gali lagi saat menemukan barang yang hilang. Tapi jangan lupa untuk menutup lubang yang kalian buat.
                                                    Lalu, yang paling sering sekertaris kalian minta adalah menangkap serangga. Dan yang sudah pernah gue lakuin adalah menangkap spider berwarna kuning, terus kupu-kupu atau semacam kumbang yang di botanical garden. Untuk menangkap serangga atau hewan ini kalian hanya butuh net/jaring saja. Cukup kalian klik net/jaring kalian dan dekatkan diri kalian ke hewan yang ingin ditangkap lalu tap 2x sampai hewan tertangkap
                                                      Ada juga yang hanya membutuhkan diri kalian tanpa tambahan alat apapun. Contohnya membersihkan tanaman *biasanya berada didekat sungai*. Dan yang pernah gua temuin yaitu jamur beracun berwarna merah, lalu tanaman jepang berwarna hijau yang berada disungai dekat pohon-pohon. Kalau ini cukup kalian hampiri tanaman dan tap 2x lalu otomatis kalian akan membuang tanaman yang ada.
                                                      • Adopt. 
                                                      Ini juga berbeda dari Harvest moon. Di Virtual Town kalian tidak bisa menikah dan melahirkan anak. Disini kalian hanya bisa mengadposi anak-anak yang berumur sekitar 4-6 tahun. Caranya adalah jika kalian menemukan seorang perempuan berbaju ungu dikelilingi anak-anak, kalian hampiri saja dia dan ajak bicara. Maka kalian akan diberikan data-data anak yang akan kalian adopsi. Setiap datang, si ibu ini membawa sekitar 3-4 orang anak, dan kalian bisa memilihnya sesuka kalian. Tapi gua saranin, pilih yang speed nya banyak dan charmnya juga.
                                                      • Town Hall. 
                                                      Ibaratnya ini adalah kantor kalian. Jika kalian duduk di kursi yang berada disana, kalian akan menemukan 4 pilihan.
                                                        1. Stats : yang akan menunjukan status di kota kalian. Baik penduduk, jumlah pohon, jumlah tanaman hingga jumlah langkah yang kalian lakukan.
                                                        2. Town : nah disinilah waktunya kalian bisa mengupgrade kota kalian. Ditambahi aksesoris, atau perlengkapan lainnya.
                                                        3. Ordinance : Ibaratnya seperti mengupgrade juga tapi secara keseluruhan. Kalian bisa menjadikan kota kalian lebih indah dengan pernikahan dan cocok tanam, atau dengan mengupgarde style rumah dikota kalian, dan sebagainya.
                                                        4. Adoption
                                                              • Bank. 
                                                              Di bank kalian bisa mengupgrade style rumah kalian. Mulai dari bangunan atap dan sebagainya. Disini kalian juga bisa melihat statistik keuangan kalian.
                                                              • Boutique. 
                                                              Di boutique kalian bisa merubah pakaian kalian. Dari atasan hingga sepatu. Juga kacamata yang ada
                                                              • Cinema
                                                              • Danau dan Jembatan. 
                                                              Untuk lebih memperindah kota kalian, sebaiknya kalian merapihkan danau dan jembatan yang berada di belakang rumah ataupun jajaran bangunan. Untuk danau kalian harus membayar 400 coins/hari. Dan dikerjakan selama 4 hari. Dan untuk jembatan. Kalian harus membayar 500 coins/hari dan dikerjakan selama 5 hari.
                                                              • Museum.
                                                              Digunakan untuk tempat menyimpan barang batu mineral, tanaman, ataupun serangga yang kalian temukan.

                                                              Note: Jika storge kalian penuh, kalian bisa membeli meja kecil yang ada raknya ataupun lemari di general store dan meletakkan barang kalian disana. Namun kedua barang ini tidak bisa menentu kapan adanya. Karena setiap hari barang yang dijual akan selalu berbeda-beda.
                                                              Nah mungkin cukup sekian ulasan tentang game Virtual Town ini. Dan menurut gua walaupun game ini keluaran lama, tapi cukup menghibur untuk mengisi waktu luang. Ya seengganya kalau gua rating itu gua kasih 4/5 . Dan yang terakhir semoga artikel dan tulisan ini membantu kalian untuk memainkan game ini.
                                                              Akhir kata, terimakasih
                                                              Dan selamat bermain :*

                                                              23 komentar:

                                                              1. Gimana caranya memindahkan air mancur yg sudah di letakkan di taman.?

                                                                BalasHapus
                                                                Balasan
                                                                1. Ditekan agak lama..lalu setelah berwarna hijau silahkan geser sesuai keinginan

                                                                  Hapus
                                                              2. Apa rumputnya harus di papras semua

                                                                BalasHapus
                                                                Balasan
                                                                1. Rumput yg dipapras biasanya ada coin atau bibit makanan, bahkan rumput yg masih muda (belum menjulang tinggi) bisa dipapras karena dapat menambah termo matahari/level hijau

                                                                  Hapus
                                                              3. Kak, cara ngajarin anak kita tentang 'learn town maintenance' gimana ya:"))

                                                                BalasHapus
                                                                Balasan
                                                                1. Di ajarin cara bersihin kota

                                                                  Hapus
                                                                2. Jadi, setiap kita main kan dikasih misi sama asistennya (yg biasanya di town hall) nah kita suruh kita ikut. Jadi nanti dia belajar dari situ

                                                                  Hapus
                                                                3. Jadi, setiap kita main kan dikasih misi sama asistennya (yg biasanya di town hall) nah kita suruh kita ikut. Jadi nanti dia belajar dari situ

                                                                  Hapus
                                                              4. Kak, kan kita disuruh ngajarin anak adopsi, kan ada pilihannya. Tolong dijelasin dong kak kita harus ngajarin anak adopsinya apa aja

                                                                BalasHapus
                                                              5. Ka mau tanya, TOLONG DIJAWAB PLEASE
                                                                Kan klo ava kita udah adopsi anak kn brrti nnti dia jadi penerus dong klo dh pensiun, Caranya jadiin anak adopsi tadi mayor baru gmna kaa??? :((

                                                                BalasHapus
                                                              6. Saya barusan ngambil layangan di atas pohon, trus saya serahkan ke musium lalu pak penjaganya ngasih balik kunci, kak tolong kasih tahu kunci itu bwat apa?? Tolong di jawab

                                                                BalasHapus
                                                                Balasan
                                                                1. Kunci itu kasih ke penjual barang di General Store

                                                                  Hapus
                                                              7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

                                                                BalasHapus
                                                              8. Buat mbangun pantai gmana yah kak?

                                                                BalasHapus
                                                              9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

                                                                BalasHapus
                                                              10. Rumahnya emang kecil yaa ruangan nya

                                                                BalasHapus
                                                              11. Cara masukin beda ke museum gimana si kak

                                                                BalasHapus
                                                              12. Cara membuat toko open 24 jam gmn kak?

                                                                BalasHapus
                                                              13. cara nurunin warna merah di matahari gimana ya..?

                                                                BalasHapus
                                                              14. Pengen tahu kalau resident pergi dari kota,bisa balik lagi g ya?atau ganti karakter 🤣

                                                                BalasHapus